Drop-Down Menu
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
Cari :
BERITA DETAIL
Kunjungan Kerja BPPRD Kabupaten Kotabaru
(Tanggal : 12-10-2018)

Martapura. Kamis tanggal 27 September 2018 pukul 10,15 wita, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kab.Banjar menerima Kunjungan Kerja dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kab.Kotabaru Kalimantan Selatan dalam rangka silaturahim sekaligus koordinasi dan komunikasi tentang Pengawasan Pajak dan Retribusi. Dijelaskan Kepala BPPRD Kab.Kotabaru, H.Hairul Aswandi, SE,M.Si bahwa maksud dan tujuan kunjungan  selain sharing terkait peningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga cara mengefektifkan pengawasan ditingkat lapangan.

Saat kunjungan, Kepala BPPRD Kab.Kotabaru didampingi pejabat  struktural yaitu Sekretaris Badan, Kabid Pengembangan Pajak dan Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah Lainnya, Dana Transfer dan Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah serta Kasubbid Bidang Pembinaan dan Pengawasan.

 

Dialog pada kegiatan Kunker tentang pengawasan Pendapatan Daerah diantaranya bagaimana mengelola kegiatan pengawasan terhadap pertambangan sehingga menjadi Wajib Pajak (WP) yang cukup patuh, bagaimana mengelola pajak hotel dan restoran (tingkat kepatuhan WP). Hal lainnya adalah terkait penghapusan piutang PBB P2 dengan membentuk Tim sampai ke Desa/Kelurahan, Tim Verifikasi dari desa/kelurahan sendiri serta kerjasama dengan pihak Kejaksaan terutama untuk pajak BPHTB. Menarik sebagai study tiru adalah Pemkab Kotabaru melalui BPPRD Kab.Kotabaru telah menghapuskan 29 ribu Objek Pajak (OP) yang tidak jelas dengan Berita Acara (BA) dari Desa/Kelurahan, Fakta Integritas dari Desa/Kelurahan

Tim Kunker BPPRD Kab.Kotabaru diterima langsung oleh Kepala Bapenda Banjar H.Syahrialludin,S.Sos,M.AP di aula Bapenda didampingi Sekretaris, Kabid. serta jajaran pejabat struktural lainnya. Dijelaskan Syahrial, untuk PAD Kab.Banjar tahun 2017 terealisasi sebesar Rp.179 M dari target Rp.170 M atau 105 % lebih, sedangkan tahun 2018  sampai dengan September, realisasi pendapatan daerah sebesar Rp.1.180 T dari target murni sebesar Rp.1.541 T dengan realisasi PAD Rp.117 M dari target murni sebesar Rp.167 M.

Menjadi harapan  dengan kegiatan Kunker dari BPPRD Kab.Kotabaru dapat saling mengambil manfaat dan kelebihan dari masing - masing daerah dalam pengelolaan pendapatan daerah khususnya PAD, kata Syahrial. Kegiatan kunker diakhiri dengan sesi foto bersama.( *ra )

BUKU PROFIL
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
INFORMASI
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar copyright 2015. All rights reserved