Drop-Down Menu
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
Cari :
BERITA DETAIL
Updating Data Melalui Giat Pendataan 2019
(Tanggal : 03-10-2019)

Martapura_Senin (23/9/2019) bertempat di Aula Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banjar dilaksanakan rapat pendahuluan sebagai bentuk  sosialisasi pendataan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) 2019 sebagai upaya updating data. Rapat dibuka oleh Sekretaris Kepada Badan mewakili Kepala Bapenda Banjar. Peserta rapat dihadiri oleh Camat atau yang mewakili dari Kecamatan Martapura, Gambut, Kertak Hanyar dan Karang Intan serta Tim pelaksana kegiatan (Bidang Pendapatan II).

Kepala Bapenda H.Syahrialludin sangat support terhadap giat pendataan 2019 ini, apalagi data yang akurat dan up to date merupakan kunci sebagai upaya dan strategi dalam menentukan potensi PBB P2, katanya. Kilas balik PBB P2 dikelola oleh Pemkab Banjar sejak 1 Januari 2014. Ditambahkan Syahrial lagi, giat pendataan tahun ini juga  merupakan salah satu giat “Action Plan” yang telah disusun  oleh Kabid Pendapatan II, sebagai salah satu peserta Program Internship dan Secondment (IDS) Angkatan IV Tahun 2019 di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan selama 3 minggu (2 – 20 September 2019) yaitu “Optimalisasi Penerimaan PAD Sektor PBB P2 Melalui Updating Data Dan Pengembangan Aplikasi”.

Terhadap pernyataan Kepala Bapenda dimaksud,  Kabid Pendapatan II, Meutia Irawahdini mengatakan, secara teknis, giat pendataan 2019 terbagi atas Tim Inti dan Tim Teknis. Tim Inti bertugas memberikan arahan dan masukan pelaksanaan pendataan, verifikasi dan validasi data PBB, melaksanakan evaluasi dan monitoring dan bekoordinasi dengan KPP Pratama, BPN Kab.Banjar dan Kecamatan yang menjadi lokasi pendataan PBB P2. Sedangkan Tim Teknis melaksanakan pendataan di lapangan, melakukan verifikasi dan validasi terhadap data baru yang masuk dalam isian SPOP dan LSPOP serta menyusun laporan kegiatan pendataan, verifikasi dan validasi data PBB P2. “Teamwork makes the dream work”.

Ditambahkan oleh Kasubbid Pendaftaran dan Validasi, Vonika R.Ganie bahwa ada beberapa hal yang sangat penting terkait dengan pelaksanaan giat pendataan 2019 ini, yaitu :

Pertama, Dasar hukum kegiatan adalah  Keputusan Bupati Banjar No.188.45/278/KUM/2019 tentang Pembetukan Tim Pendataan, Verifikasi dan Validasi Data PBB P2.

Kedua, Pendataan merupakan suatu kegiatan berupa pengumpulan data-data tentang bumi, bangunan dan subjek PBB. Hasil akhir giat pendataan adalah Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP), Lampiran Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) dan Peta Blok.

Ketiga, Verifikasi adalah pemeriksaan tentang atau mengenai kebenaran sesuatu, laporan, pernyataan maupun perhitungan uang. Verifikasi sering ditemukan dalam proses pendaftaran, misalnya seperti sejumlah bukti obyektif seperti fotocopy KTP, sertifikat, SKT atau akte kelahiran diverifikasi sehingga menjadi berkas/bukti objektif yang telah diverifikasi.

Keempat, Validasi adalah pemeriksaan yang berkaitan dengan suau kasus atau permasalahan baik itu berupa data. Hal ini sebagai langkah pemeriksaan untuk memastikan bahwa data tersebut telah sesuai kriteria yang ditetapkan dengan tujuan untuk meyakinkan bahwa data yang akan dimasukkan kedalam basis data telah diketahui dan dapat dijelaskan sumber dan kebenaran datanya.

Sedangkan maksud giat pendataan PBB di tahun 2019 ini adalah untuk mendaftarkan objek pajak (OP) baru, melakukan perubahan data untuk OP yang mengalami perubahan baik luas, bangunan ataupun kepemilikan serta melakukan verifikasi data objek dan/atau subjek pajak PBB P2, pungkas Vonika. (*ira-2019)

 “Persatuan adalah kekuatan……Bila ada kerjasama tim dan kolaborasi, hal indah dapat dicapai” (Mattie Stepanek)

BUKU PROFIL
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
INFORMASI
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar
Badan Pendapatan Daerah Kab. Banjar copyright 2015. All rights reserved